8 Aturan Emas Desain User Interface

Klifira's Weblog

Shneiderman merumuskan  8 (delapan) aturan yang dapat digunakan sebagai petunjuk dasa untuk merancang suatu user interface. Delapan aturan ini disebut dengan Eight Golden Rules of Interface Design, yaitu:

  1. Konsistensi : merupakan konsistensi terhadap urutan tindakan,perintah, dan pada istilah-istilah yang digunakan.contohnya pada binusmaya yaitu : jika kita ingin masuk kita harus log in dulu dengan cara memasukkan nim dan password.
  2. memungkinkan pengguna menggunakan shortcut : gunanya untuk memaksimalkan kecepatan interaksi, baik melalui singkatan, simbol dll.mungkin bisa dilihat dengan jelas dibinusmaya, ada shortcut-shortcut untuk menuju kemenu-menu tertentu,misalnya jika kita ingin masuk ke mata kuliah yang kita inginkan,kita tinggak meng-klik my class, dan kita langsung disuguhi daftar mata kuliah yang tersedia pada semester yang sedang dihadapi.
  3. memberikan umpan balik yang informatif : umpan balik yang berupa informasi jika ada informasi baru dan jika ada kesalahan perintah. dibinusmaya,ketika pertama kali kita masuk di sebelah kanan atas dituliskan “good morning Virgina Angelin Regar “…

View original post 225 more words

Leave a comment